Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Portable Moodle Materi Sistem Koordinasi Untuk SMA Kelas XI IPA

Nurlinah, Nurlinah and Adnan, Adnan and Palennari, Muhiddin (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Portable Moodle Materi Sistem Koordinasi Untuk SMA Kelas XI IPA. Biology Teaching and Learning, 1 (2). pp. 160-166. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
8183-19088-1-PB.pdf - Published Version

Download (268kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/8183

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran portable moodle (poodle) dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 20 Pangkajene, Pangkep dan guru mata pelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan untuk ujicoba media oleh peneliti dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan adalah melakukan validasi terlebih dahulu kepada validator ahli, lalu membagikan angket respon guru mata pelajaran dan respon siswa untuk menguji kepraktisan media yang telah dibuat. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa produk pengembangan media memiliki kriteria valid berdasarkan penilaian oleh ahli materi sebesar 4,3 dan ahli media sebesar 4,6. Uji lapangan dilakukan kepada siswa SMAN 20 Pangkejene dan guru mata pelajaran biologi sebagai pengguna produk media, dan diperoleh kriteria berdasarkan perolehan skor prosentase penilaian pada masing-masing uji coba sebesar 79,62% untuk respon siswa dan 90% untukl respon guru mata pelajaran. Berdasarkan analisis data pada penelitian ini diperolehkesimpulan bahwa hasil pengembangan media berbasis poodle diperoleh kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci: media, portable, moodle, valid, praktis.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:41
Last Modified: 20 Jun 2023 07:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30630

Actions (login required)

View Item View Item