Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA

Muhammad, Fadil and Palennari, Muhiddin and Adnan, Adnan (2018) Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Biology Teaching and Learning, 1 (1). pp. 28-32. ISSN 2621 - 5527

[img] Text (Artikel)
7546-17840-1-PB.pdf

Download (260kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/7546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat dijadikan sumber belajar alternatif berupa booklet pada pokok bahasan dunia hewan sub bab arthropoda, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) menggunakan model ADDIE, untuk uji kevalidan media dan materi berdasarkan hasil penilaian dari 2 validator ahli, sedangkan uji kepraktisan dilakukan guru dan siswa terhadap penggunaan media. Tahap pengembangan dilakukan dengan cara validasi booklet, kemudian di implementasikan di SMAN 5 Jeneponto kelas X MIA3 dengan subjek penelitian adalah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validitas dengan rata-rata persentase kelayakan media sebesar 85%. Sedangkan kelayakan materi dengan persentase keseluruhan yaitu 86%, keduanya berada pada kategori sangat layak. Adapun hasil uji coba lapangan pada respon guru dan siswa diperoleh nilai keseluruhan 91% dari respon guru dan uji coba siswa diperoleh nilai 89,2%, keduanya berada pada kategori respon sangat positif. Dari penilaian kelayakan yang ditinjau berdasarkan validitas dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa booklet sebagai sumber belajar bersifat valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:35
Last Modified: 20 Jun 2023 07:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30627

Actions (login required)

View Item View Item