Muhammad, Ainun Chaer and B, Nurhayati and Palennari, Muhiddin (2021) Profil Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Pada Materi Virus menggunakan Model Flipped Classroom. Biology Teaching and Learning, 4 (1). pp. 8-18. ISSN 2621 – 5535
Text (Artikel)
21032-51803-1-PB.pdf Download (260kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan efektivitas model pembelajaran Flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan menggunakan One Group Pretest- Postest. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone. Sampel penelitian dipilih dengan tujuan tertentu (purposive sampling) yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh satu kelas yaitu kelas X MIPA 1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest 74,07 lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest yaitu 28,74. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan model Flipped classroom memiliki nilai rata-rata berada pada kategori baik dan model pembelajaran Flipeed Clasroom cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA |
Depositing User: | Dr Muhiddin Palennari |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 07:10 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 07:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30621 |
Actions (login required)
View Item |