Profil Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Sman 3 Barru Pada Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dipadu Model Pembelajaran Number Heads Together

Palennari, Muhiddin and Yunus, Rizal Kurniawan and Ali, Alimudin (2021) Profil Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Sman 3 Barru Pada Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Dipadu Model Pembelajaran Number Heads Together. Jurnal Nalar Pendidikan, 9 (1). pp. 43-51. ISSN 2477-0515

[img] Text (Artikel)
16104-53774-2-PB.pdf

Download (356kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/nalar/article/view/43-51

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadu model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas XI IPA semester genap SMAN 3 Barru tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sederhana yang terdiri dari kelas kontrol (dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional) dan kelas eksperimen (dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 7E dipadu model pembelajaran number heads together). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterampilan kolaborasi peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua tahap, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan pengujian hipotesis menggunakanujianacova. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranlearningcycle 7E dipadu model pembelajaran number heads together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik dengan nilai sig 0.000 < 0.05 hal tersebut dikarenakan integrasi kedua model ini menerapkan kerja kelompok dalam memecahkan masalah yang membantu peserta didik dalam mengembangkan rasa tanggung jawab dalam dirinya. Disarankan kepada guru-guru agar dapat menerapkan integrasi model learning cycle 7E dengan NHT untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 07:05
Last Modified: 20 Jun 2023 07:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30619

Actions (login required)

View Item View Item