Rahmayani, Rahmayani and Palennari, Muhiddin and Rachmawaty, Rachmawaty (2021) Pengaruh Sumber Belajar Biologi Berbasis E-Book terhadap Regulasi Diri Peserta Didik SMA pada Materi Plantae. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4 (1). pp. 51-59. ISSN 2622-6197
Text (Artikel)
1175-Article Text-5157-2-10-20211009.pdf Download (233kB) |
Abstract
Pengembangan sumber belajar biologi terus mengalami peningkatan sebagai solusi dari keterbatasan sumber belajar dan masih bersifat konvensional, khususnya biologi pada materi dunia tumbuhan yang tentunya sangat berdampak terhadap regulasi diri peserta didik. Adanya pengembangan sumber belajar berbasis e-book menjadikan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sumber belajar biologi berbasis e-book terhadap regulasi diri belajar biologi peserta didik SMA pada materi plantae. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA semester genap SMAN 22 Makassar tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian kelas X MIPA 3 dan X MIPA 5. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan pengumpulan data melalui angket regulasi diri belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji anacova. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar 0.00<0.05 pada regulasi diri belajar. Nilai signifikansi di bawah 0.05 berarti terdapat perbedaan yang signifikan dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan sumber belajar biologi FLORA Angiospermae berbasis e-book dengan sumber belajar biologi berbasis e-book yang digunakan sekolah terhadap regulasi diri belajar biologi peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 22 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FMIPA |
Depositing User: | Dr Muhiddin Palennari |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 06:59 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 06:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30618 |
Actions (login required)
View Item |