Profil Kemampuan Argumentasi Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi

Bahri, Husaini and Palennari, Muhiddin and Ali, Alimuddin (2021) Profil Kemampuan Argumentasi Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi. Biology Teaching and Learning, 4 (1). pp. 85-91. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
22072-54230-1-PB.pdf

Download (966kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/22072

Abstract

Kemampuan argumentasi merupakan salah satu dari keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik kelas XII di SMA Kecamatan Biringkanaya dalam menjawab soal uraian, khususnya pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif survey dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA di SMA Negeri se- Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah rombongan belajar yang didalamnya memiliki peserta didik yang mempunyai kemampuan kognitif yang bersifat heterogen. Data kemampuan argumentasi diperoleh melalui pemberian tes. Berdasarkan hasil tes, kemampuan argumentasi secara keseluruhan peserta didik berada pada kategori sangat kurang dengan persentase skor 19,74%. Hasil argumentasi peserta didik menunjukkan bahwa pada aspek mengemukakan klaim dengan persentase 91,4% (sangat baik); aspek menyertakan data dengan persentase 21,64% (kurang); aspek menyertakan dukungan persentase 9,88% (sangat kurang); aspek menyertakan penjamin dengan persentase 5,71% (sangat kurang); aspek menyertakan kualifikasi dengan persentase 5% (sangat kurang); dan aspek menyertakan sanggahan atau reservasi dengan persentase 7,3% (sangat kurang).

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:48
Last Modified: 20 Jun 2023 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30613

Actions (login required)

View Item View Item