Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Self Efficacy Mahasiswa melalui Strategi Blended Learning pada Perkuliahan Biologi Dasar

Palennari, Muhiddin and Daud, Firdaus and B, Nurhayati (2021) Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Self Efficacy Mahasiswa melalui Strategi Blended Learning pada Perkuliahan Biologi Dasar. Jurnal Sainsmat, 10 (2). pp. 172-177. ISSN 2579-5686

[img] Text (Artikel)
26223-64318-2-PB.pdf

Download (265kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/26223

Abstract

Self regulated learning merupakan suatu kemandirian yang harus ditumbuhkan agar mahasiswa tidak hanya tergantung pada informasi yang berasal dari dosen. Sedangkan, Self efficacy merupakan keyakinan dan harapan mengenai kemampuan individu untuk menghadapi tugasnya. Keduanya dapat ditumbuhkan dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah strategi blended learning. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan self efficacy mahasiswa pada Jurusan Biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Biologi angkatan tahun 2019 yang terdiri atas 158 orang. Sampel diambil secara acak sederhana yang terdiri atas 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket self regulated learning yang terdiri atas 30 item dan angket self efficacy yang terdiri dari 18 item. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh nilar r = 0,619 dengan nilai signifikansi p = 0.000 lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada hubungan antara self regulated learning dengan self efficacy mahasiswa pada perkuliahan Biologi Dasar. Dari hasil penelitian tersebut, self regulated learning dan self efficacy mahasiswa sebaiknya ditumbuhkembangkan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:42
Last Modified: 20 Jun 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30609

Actions (login required)

View Item View Item