Project-Based Learning (PJBL) Berbasis Strategi Motivasional Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Sikap Ilmiah Biologi pada Materi Perubahan Lingkungan yang telah Dieksperimenkan di Kelas X MIPA SMA Negeri 11 Pinrang

Muhammad, Ainurridho and Bahri, Arsad and Palennari, Muhiddin (2021) Project-Based Learning (PJBL) Berbasis Strategi Motivasional Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) dan Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Sikap Ilmiah Biologi pada Materi Perubahan Lingkungan yang telah Dieksperimenkan di Kelas X MIPA SMA Negeri 11 Pinrang. Biology Teaching and Learning, 4 (2). pp. 138-149. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
28953-69334-1-PB.pdf

Download (382kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/28953

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning berbasis strategi motivasional ARCS terhadap motivasi dan sikap ilmiah Biologi peserta didik pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 11 Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian adalah penelitian ekserimen semu (quasi eksperimen) yang melibatkan dua kelompok di mana salah satu berperan sebagai kelompok eksperimen dan yang lain sebagai kelompok kontrol dengan desain penelitian Matching pretest-postest comparison group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling dengan mengambil nilai kognitif semester sebelumnya (diambil dari nilai rapor) dan dilihat kesetaraannya melalui uji-F Anova satu jalur dengan nilai signifikansi 0,275 dengan kesimpulan kelas yang dilakukan penelitian setara dalam hal kognisi . Jenis instrumen penelitian yang digunakan adalah angket Motivasi dan angket Sikap Ilmiah. Tes hasil belajar digunakan sebagai data pendukung untuk membuktikan korelasi atau hubungan antara motivasi peserta didik dengan hasil belajar yang telah mereka peroleh. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan minat dan hasil belajar sedangkan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian yang dilakukan dengan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PJBL berbasis strategi motivasional ARCS terhadap motivasi siswa SMAN 11 Pinrang (2) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran PJBL berbasis strategi motivasional ARCS terhadap sikap ilmiah Biologi siswa SMAN 11 Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:23
Last Modified: 20 Jun 2023 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30598

Actions (login required)

View Item View Item