Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII

Fuad, Ainul and Karim, Hilda and Palennari, Muhiddin (2020) Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3 (1). pp. 38-45. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
14298-35160-1-PB.pdf

Download (301kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/14298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa majalah elektronik (e-magazine) pada pokok bahasan perrtumnbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) menggunakan model ADDIE, untuk uji kevalidan media dan materi berdasarkan hasil penilaian dari 2 validator ahli, sedangkan uji kepraktisan dilakukan guru dan siswa terhadap penggunaan media. Tahap pengembangan dilakukan dengan cara validasi e-magazine, kemudian di implementasikan di SMAN 10 Gowa kelas XII4 IPA dengan subjek penelitian adalah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validitas dengan rata-rata persentase kelayakan media sebesar 82%. Sedangkan kelayakan materi dengan persentase keseluruhan yaitu 81%, keduanya berada pada kategori sangat layak. Adapun hasil uji coba lapangan pada respon guru dan siswa diperoleh nilai keseluruhan 83% dari respon guru dan uji coba siswa diperoleh nilai 81%, keduanya berada pada kategori respon positif. Dari penilaian kelayakan yang ditinjau berdasarkan validitas dan kepraktisan dapat disimpulkan bahwa e-magazine sebagai sumber belajar bersifat valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:15
Last Modified: 20 Jun 2023 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30594

Actions (login required)

View Item View Item