Efektifitas Penerapan Sumber Belajar Biologi Model Learning Cycle pada Peserta Didik

Ashari, Rijal and Palennari, Muhiddin and Lodang, Hamka (2020) Efektifitas Penerapan Sumber Belajar Biologi Model Learning Cycle pada Peserta Didik. Biology Teaching and Learning, 3 (2). pp. 199-123. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
19542-47505-1-PB.pdf

Download (171kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/19542

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui efektifitas Sumber Belajar model Learning Cycle melalui tahapan pada model penelitian pengembangan four D (4D) yang dikemukakan oleh Thiagrajan (1974). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tepatnya di SMPN 18 Makassar kelas VIII. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas learning cycle dan angket respon peserta didik terhadap sumber belajar. Berdasarkan hasil uji keefektifan dengan analisis statistik parametrik antara perbedaan hasil belajar kelas yang dibelajarkan dengan sumber belajar model learning cycle menunjukkan hasil positif dibanding kelas yang tidak dibelajarkan menggunakan Sumber belajar atau secara kinvensional, yang ditunjukkan oleh rata-rata terkoreksi hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 76,84 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional yaitu 69,82, serta diperoleh respon positif peserta didik sebesar 95,83%. Sehingga dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan sumber belajar model leaning cycle peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapanannya.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:04
Last Modified: 20 Jun 2023 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30580

Actions (login required)

View Item View Item