Analisis Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung

Nurul, Mujahida Dainur and Taiyeb, Musawwir and Palennari, Muhiddin (2019) Analisis Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung. Biology Teaching and Learning, 2 (2). pp. 134-141. ISSN 2621 – 5535

[img] Text (Artikel)
12015-30883-1-PB.pdf

Download (314kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl/article/view/12015

Abstract

Penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan desain penelitian paradigma sederhana yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kebiasaan belajar dan hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu seluruhnya dari populasi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung berjumlah 85 siswa, sampel jenuh bermaksud membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Kebiasaan belajar yang diukur meliputi 7 indikator, yaitu teratur belajar Biologi, persiapan belajar pada malam hari, hadir di kelas lebih awal, kondisi/suasana belajar, belajar sampai paham dan tuntas, kebiasaan menghadapi ujian dan kebiasaan mengunjungi perpustakaan. Data penelitian kebiasaan belajar diperoleh melalui angket dan hasil belajar diperoleh dari data sekunder hasil belajar semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang kemudian diolah dengan analisis korelasi Product Moment (r) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kebiasaan belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung pada kategori baik dengan rata-rata 71,98. (2) Hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung pada kategori tinggi dengan rata-rata 76,12. (3) Terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung. Tingkat korelasi yang diperoleh yaitu 11,5% dan tergolong korelasi lemah atau rendah.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:46
Last Modified: 20 Jun 2023 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30571

Actions (login required)

View Item View Item