Pengembangan Strategi Blended-Learning Pada Perkuliahan Biologi Dasar

Palennari, Muhiddin and Daud, Firdaus (2019) Pengembangan Strategi Blended-Learning Pada Perkuliahan Biologi Dasar. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL STUDIES (IJES), 22 (1). pp. 16-22. ISSN 2621-6744

[img] Text (Artikel)
9343-21735-1-SM.pdf

Download (346kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/9343

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi blended learning pada perkuliahan Biologi Dasar dalam bentuk media pembelajaran online. Penelitian ini termasuk penelitian deskrptif dengan pendekatan R & D. Pengembangan produk berupa e-learning dilakukan dengan mengacu pada model instruksional ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNM tahun akademik 2018/2019 pada mata kuliah Biologi Dasar. Data dikumpul dengan menggunakan lembar validasi dan angket. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian diperoleh media e-learning mata kuliah Biologi Dasar yang telah divalidasi. Dengan demikian disimpulkan bahwa blended learning mata kuliah Biologi Dasar memenuhi kriteri validitas dengan kategori sangat valid dan praktis dengan alamat laman www.muhiddin.web.id. Dari hasil penelitian tersebut,disarankan kepada dosen- dosen agar dapat menggunakan e-learning dalam perkuliahan.

Item Type: Article
Subjects: FMIPA
Depositing User: Dr Muhiddin Palennari
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:34
Last Modified: 20 Jun 2023 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30562

Actions (login required)

View Item View Item