ANALISIS DISFEMISME KEBAHASAAN DALAM DIALOG PENDIDIKAN DI GROUP FACEBOOK KEMENDIKBUD REPUBLIK

Rahman, Muh. Irfan and Saleh, Muhammad and Usman, Usman (2022) ANALISIS DISFEMISME KEBAHASAAN DALAM DIALOG PENDIDIKAN DI GROUP FACEBOOK KEMENDIKBUD REPUBLIK. Manifestasi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 (2). ISSN e-ISSN 2809-8366 p-ISSN 2809-8390

[img] Text
23. ANALISIS DISFEMISME KEBAHASAAN DALAM DIALOG PENDIDIKAN DI GROUP FACEBOOK KEMENDIKBUD REPUBLIK .pdf

Download (376kB)

Abstract

Analisis Disfemisme Kebahasaan dalam Dialog Pendidikan di Group Facebook Kemendikbud Republik Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud fenomena disfemisme kebahasaan dan mendeskripsikan fungsi fenomena disfemisme kebahasaan dalam dialog pendidikan di grup Facebook Kemendikbud Republik Indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena sosial masa kini atau masa lampau. Dari hasil temuan diketahui bahwa dialog pendidikan di grup Facebook Kemendikbud RI terdapat penggunaan bentuk dan fungsi disfemisme. Adapun wujud yang ditemukan yaitu istilah teknis, sirkumlokusi, sinekdoke totem pro parte, dan ekspresi figuratif. Sedangkan fungsi disfemisme kebahasaan yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu, ketidaksetujuan, penolakan, mengkritik, memberi pernyataan, menyakiti, ketidakpedulian, dan menggugat. Akan tetapi, penggunaan bentuk disfemisme tersebut masih dalam batas wajar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dialog pendidikan dalam grup facebook kemendikbud RI masih memperhatikan nilai-nilai sopan santun berbahasa. Kata kunci: disfemisme, kebahasaan, dialog, Pendidikan

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:24
Last Modified: 20 Jun 2023 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30551

Actions (login required)

View Item View Item