Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kledung

Tri Siwi, Oktarini and Jusniar, Jusniar and Rostina, Arsani (2021) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kledung. JPK, 2 (2). pp. 149-157.

[img] Text (JPK)
13. JPK Trisiwi.pdf - Published Version

Download (199kB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Kledung didominasi oleh aktivitas guru. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas peserta didik dalam proses mengkonstruksi pengalaman belajar. Hasil belajar peserta didik rendah, kurang dari 50% yang mencapai ketuntasan belajar. Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar pada materi Gerak. Hasil penelitian ditemukan aktivitas siklus 1, 2 dan 3 mengalami peningkatan keaktifan peserta didik. Ketercapaian KKM hasil belajar siklus 1 adalah 29,4%, siklus 2 dan siklus 3 adalah 58,8% dan 80 %.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 05:12
Last Modified: 20 Jun 2023 05:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30546

Actions (login required)

View Item View Item