Pengaruh Metode Debat terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi

Sakaria, Sakaria and Usman, Usman and Milenia, Gusti Putri (2022) Pengaruh Metode Debat terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 8, No. 1, 2022, 8 (1). ISSN ISSN 2443-3667(print) 2715-4564 (online)

[img] Text
11. Pengaruh Metode Debat terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi .pdf

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-experimenal design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Toraja Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode debat dan variabel terikat adalah kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA kelas X SMAN 1 Toraja Utara sebanyak 2 kelas sedangkan sampel penelitian adalah kelas X IPA 1 dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil pretest dan post-test pembelajaran menulis teks eksposisi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 6 Toraja Utara. Hal ini, dapat dibuktikan, berdasarkan perbandingan nilai thitung dan ttabel = 11,301>1,701. Kata Kunci: pengaruh, metode debat, teks eksposisi

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:26
Last Modified: 20 Jun 2023 04:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30526

Actions (login required)

View Item View Item