Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Erna Wijik, Astutik and Jusniar, Jusniar and Masniturrofikoh, Masniturrofikoh (2021) Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. JPK, 2 (1). pp. 115-126.

[img] Text (JPK)
11. JPK erna wijik.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (turnitin)
11. JPK erna wijik.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (263kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIIA melalui model pembelajaran Problem Based Learning di SMP YAPIS Kaimana.. Hasil penelitian, setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, menunjukkan peningkatan hasil blajar IPA. Hasil belajar siswa telah meningkat setelah dilakukan tes hasil belajar maka dapat dilihat dengan nilai rata-rata siklus I untuk rata-rata nilai pengetahuan yaitu 71,43. Hasil belajar meningkat 77,00 pada siklus II dan 83,00 pada siklus III. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:22
Last Modified: 21 Jun 2023 09:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30521

Actions (login required)

View Item View Item