Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Materi Listrik Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IX SMP YPVDP Bontang

Rino Efendi, M and Jusniar, Jusniar and Masniturrofikoh, Masniturrofikoh (2022) Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Materi Listrik Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IX SMP YPVDP Bontang. JPK, 3 (1). pp. 61-68.

[img] Text (JPK)
10. JPK Rino .pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (turnitin)
10. JPK Rino .pdf.pdf - Supplemental Material

Download (153kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Materi Listrik Statis kelas IX SMP YPVDP Bontang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP YPVDP Bontang Pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes formatif pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar siswa sedangkan untuk mengetahui ketercapaian sintaks PBL menggunakan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa untuk siklus I sebesar 78 selanjutnya pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80. Berdasarkan data observasi keterlaksanaan sintaks PBL dalam aktifitas belajar siswa untuk siklus I sebesar 73%, dan siklus II sebesar 85%. Berdasarkan data hasil analisis dan observasi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar IPA .

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:17
Last Modified: 21 Jun 2023 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30515

Actions (login required)

View Item View Item