Yuli, Munazah and Jusniar, Jusniar and Rostina, Arsani (2021) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Rawalo. JPK, 2 (1). pp. 71-80.
Text (JPK)
9JPK Rawalo Yuli.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
Text (turnitin)
9JPK Rawalo Yuli.pdf.pdf - Supplemental Material Download (251kB) |
|
Text (Peer review)
Model problem based learning JPK UNM (1).pdf - Supplemental Material Download (814kB) |
Abstract
Proses pembelajaran siswa yang masih pasif dan 50% dari seluruh siswa di kelas masih belum mencapai ketuntasan belajar. Model Problem Based Learning dipilih untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Instrumen yg digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada aktivitas siklus 1 33%, 2 dan 3 56% siswa mulai aktif. Ketercapaian KKM hasil belajar siswa siklus I 44%, siklus II 78% dan siklust III 55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Rawalo.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Jusniar Jusniar |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 04:15 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 12:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30511 |
Actions (login required)
View Item |