Penerapan Peta Konsep Setting Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas XI MIA1SMA Negeri 7 Bulukumba (Materi Pokok Termokimia)

Nur, Adha and Jusniar, Jusniar and Melati, Masri (2014) Penerapan Peta Konsep Setting Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas XI MIA1SMA Negeri 7 Bulukumba (Materi Pokok Termokimia). Jurnal Chemica, 15 (1). pp. 18-30.

[img] Text (Jurnal Chemica)
6. Chemica TAI vol 14.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (turnitin)
6. Chemica TAI vol 14.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (715kB)
[img] Text
6. Chemica TAI vol 14.pdf.pdf

Download (715kB)
[img] Text (peer review)
TERMOKIMIA Nur Adha Chemica (1).pdf - Supplemental Material

Download (794kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/chemica

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan pembelajaran peta konsep setting kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI MIA1 SMA Negeri 7 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun langkah- langkah yang tepat dalam penerapan peta konsep setting kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yaitu (1) guru membagi siswa menjadi 6 kelompok secara heterogen, (2) guru menjelaskan pokok- pokok materi dengan metode tanya jawab dan pemberian hukuman kepada siswa yang tidak dapat menjawab, (3) setiap siswa membuat peta konsep dan menyiapkan minimal satu buku bacaan, (4) siswa mengerjakan LKS dengan soal yang berbeda dalam satu kelompok, (5) siswa berdiskusi mengenai jawaban dari soal LKS (6) guru memberi pengajaran kepada setiap kelompok dengan batasan waktu tertentu untuk setiap kelompok, (7) guru menunjuk siswa secara acak untuk mempersentasikan hasil diskusi kelompok, (8) guru memberikan kuis dengan bentuk soal yang berbeda tiap anggota kelompok, (9) guru menunjuk siswa secara acak untuk menuliskan jawaban kuis di papan tulis, dan (10) guru meminta setiap siswa menuliskan kesimpulan materi pelajaran. Data hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa disiklus I sebesar 67,58% dan siklus II sebesar 78,63%, artinya terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 11,05%. Adapun hasil belajar siswa di siklus I sebesar 36,66% dan siklus II sebesar 71,88%, artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35,22%. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan peta konsep setting kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas XI MIA1 SMA Negeri 7 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:35
Last Modified: 22 Jun 2023 12:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30491

Actions (login required)

View Item View Item