PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ROLL DEPAN PADA SENAM LANTAI MURID KELAS V SD ISLAM DARUL HIKMAH KOTA MAKASSAR

Haeruddin, Haeruddin (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ROLL DEPAN PADA SENAM LANTAI MURID KELAS V SD ISLAM DARUL HIKMAH KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Heru.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan roll depan pada senam lantai melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) SD Islam Darul Hikmah Kota Makassar pada murid kelas V Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan di Siklus I dan Siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Data penelitian ini adalah kemampuan roll depan sebagai data psikomotorik dan nilai LKS sebagai data kognitif, pengamatan sebagai data afektif. Sumber data penelitian ini adalah murid Kelas V SD Islam Darul Hikmah Kota Makassar yang berjumlah 28 murid. Pengumpulan data roll depan menggunakan lembar penilain terdiri dari sikap awal, saat berguling, pendaratan, dan sikap akhir. Serta lembar penilain pilihan ganda, siklus I dan Siklus II data yang terkumpul dianalisis secara Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil analisis Kuantitatif data Kemampuan roll depan menunjukkan bahwa jumlah murid yang tuntas pada Siklus I adalah 16 orang dengan persentase 57.14% dan jumlah murid yang tuntas pada Siklus II adalah 26 orang dengan persentase 92,86%. Hasil analisis Kualitatif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan roll depan secara signifikan. Berdasarkan Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjas melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat Meningkatkan Kemampuan Roll Depan Pada Senam Lantai Murid Kelas V SD Islam Darul Hikmah Kota Makassar sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 07:11
Last Modified: 10 Oct 2017 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item