Muharram, Muharram and Jusniar, Jusniar (2012) Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas X1 SMAN 3 Sungguminasa Melalui Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Chemica, 13 (1). pp. 68-76. ISSN 2722-8649
Text (Jurnal Chemica)
3. Chemica vol 13. no 1.pdf - Published Version Download (105kB) |
|
Text (turnitin)
3. Chemica vol 13. no 1.pdf.pdf - Supplemental Material Download (166kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menemukan cara penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas X.1 SMAN 3 Sungguminasa pada materi pokok senyawa hidrokarbon tahun pelajaran 2011/2012. Dari 32 orang siswa yang ikut tes hasil belajar diperoleh ketuntasan dan rata-rata nilai pada masing-masing siklus yaitu pada siklus I, 65,63% (72,44) dan pada siklus II 81,25% (75,53). Hal ini menunjukkan bahwa secara umum penguasaan siswa terhadap materi cukup baik karena mendekati standar nasional yang telah ditetapkan sekolah yaitu 85%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X1 SMAN 3 Sungguminasa dengan metode penemuan terbimbing dilakukan dengan cara: 1) guru menyajikan masalah untuk ditemukan sendiri oleh siswa dalam bentuk LKS, 2) siswa mengerjakan soal latihan dari LKS di papan tulis, 3)guru mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal latihan, 4) guru mengarahkan siswa dalam menemukan jawaban dari soal latihan yang kurang dipahami oleh siswa, 5) guru mengaktifkan siswa ke dalam tujuh kelompok kecil (4-5 orang), 6) memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk mengerjakan soal LKS bersama teman kelompoknya kemudian kelompok lain menanggapi jawaban temannya dan guru memberikan soal-soal untuk mengecek pemahaman siswa terhadap yang telah ditemukannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Jusniar Jusniar |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 02:26 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 00:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30488 |
Actions (login required)
View Item |