Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran SQ3R di Kelas X1 SMAN 1 Bajeng Kab. Gowa pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia

Jusniar, Jusniar and Melati, Masri and Diana Eka, Pratiwi (2012) Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran SQ3R di Kelas X1 SMAN 1 Bajeng Kab. Gowa pada Materi Pokok Struktur Atom, Sistem Periodik dan Ikatan Kimia. Jurnal Chemica, 13 (1). pp. 42-49.

[img] Text (Jurnal Chemica)
2. Chemica vo 13 No 1.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (turnitin)
2. Chemica vo 13 No 1.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (172kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan cara menerapkan langkah-langkah pembelajaran SQ3R yang dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas X1 SMAN 1 Bajeng pada materi pokok struktur atom, Sistem periodik dan Ikatan Kimia. Dilakukan dua siklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 yang terdiri dari 33 siswa. Diperoleh langkah- langkah sebagai berikut; 1) membantu siswa mendapatkan gambaran keseluruhan kandungan pokok dalam materi dan menyuruh siswa mencatat bagian-bagian penting dari materi tersebut pada kertas, 2) memberi petunjuk kepada siswa menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat dan relevan dengan tujuan pembelajaran, 3) menyuruh siswa membaca dan mencatat secara aktif dalam mencari jawaban atas pertanyaan yang telah disusun, 4) menunjuk siswa secara langsung menyebutkan jawaban pertanyaan yang telah disusun, 5) memberikan kesempatan dan memotivasi siswa lain untuk menanggapi siswa yang menyebutkan jawabannya dan memberikan penjelasan apabila ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, 6) menyuruh siswa meninjau ulang seluruh pertanyaan dan jawaban yang telah disusun, 7) mengarahkan siswa untuk menyampaikan kesimpulan mengacu pada tujuan pembelajaran. Langkah pembelajaran ini mampu meningkatkan partisipasi siswa dari 37,88% pada siklus 1 menjadi 38,89% siklus 2, ketuntasan belajar siswa siklus 1 54,55% menjadi 75,76% pada siklus 2.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:22
Last Modified: 20 Jun 2023 23:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30487

Actions (login required)

View Item View Item