Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Contekstual Teaching And Learning pada Materi Pokok Laju Reaksi

Taty, Sulastri and Jusniar, Jusniar (2011) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Contekstual Teaching And Learning pada Materi Pokok Laju Reaksi. Jurnal Chemica, 12 (2). pp. 59-68.

[img] Text (Jurnal Chemica)
1. Chemica vol 12. no 1.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (turnitin)
1. Chemica vol 12. no 1.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (222kB)
[img] Text (Peer Review)
Laju Reaksi Chemica Taty.pdf - Supplemental Material

Download (881kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkap pembelajaran yang dirancang dengan model Akker yang terdiri tahap analisis pendahuluan, merancang, mengevaluasi dan merevisi sampai tujuan yang diinginkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKS dan penuntun praktikum pada materi pokok laju reaksi. Hasil rancangan divalidasi oleh ahli mengenai: 1) kesesuaian konsep-konsep yang dikontekstualkan dalam model dengan kompetensi dasar dan indikator yang ingin dicapai, 2) siswa memahami hubungan antara konsep dengan dunia nyata, 3) kemudahan dalam penggunaan bahasa, 4) kejelasana langkah-langkah dalam perangkat pembelajaran, 5) kesesuaian antara alat evaluasi dengan indikator. Hasil validasi ahli dinyatakan valid untuk digunakan. Uji coba terbatas terhadap perangkat pembelajaran dilakukan pada siswa SMA dalam hal usability (keterpakaian). Data hasil penelitian dianalisis deskriptif kualitatif menunjukkan keefektifan cukup besar yaitu 71,88% siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Persepsi siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran merespon positif penerapan model pembelajaran CTL

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:19
Last Modified: 23 Jun 2023 09:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item