PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

Syahruddin, Syahruddin and Pince, Salempa and Jusniar, Jusniar (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Chemistry Education Review, 1 (1). pp. 66-72. ISSN 2597-9361

[img] Text (Chemistry Education Review)
17. CER syahruddin.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (Peer review)
CER Syahruddin.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan/mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis lingkungan pada materi pokok sistem koloid dan untuk memperoleh perangkat pembelajaran kooperatif tipe NHT berbasis lingkungan pada materi pokok sistem koloid yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan perangkat pembelajaran kimia sistem koloid pada SMK Negeri 6 Takalar berpedoman pada langkah-langkah pokok pengembangan pembelajaran model 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, BS, LKS dan THB divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid. Dari hasil analisis keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 4,09 dan memenuhi kriteria praktis. Aktivitas siswa, respon siswa, dan kemampuan guru mengelolah pembelajaran berada pada kategori tinggi serta tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 6 Takalar adalah 83,33% telah memenuhi kriteria keefektifan. Pada analisis respon guru terhadap perangkat pembelajaran diperoleh persentase sebesar 81,99% yang berarti respon positif guru berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan kriteria yang digunakan untuk menilai perangkat pembelajaran yang dihasilkan yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 19 Jun 2023 23:19
Last Modified: 21 Jun 2023 09:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30481

Actions (login required)

View Item View Item