PENGEMBANGAN E-BOOK FLIP PDF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (STUDI PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU)

Haeriah, Ummul and Jusniar, Jusniar and Hardin, Hardin (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK FLIP PDF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI (STUDI PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 LUWU). UNESA Journal of Chemical Education, 11 (3). pp. 227-234. ISSN 2252-9454

[img] Text (UNESA Journal of Chemical Education)
7. UJCED Plif book pdf.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Peer Review)
UJCED SMAN 5 LUWU Ummul.pdf - Supplemental Material

Download (912kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-book flip PDF yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah Researc and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan materi, angket respon peserta didik dan guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian yaitu ahli media dan materi yang masing-masing terdiri dari 2 orang, guru kimia berjumlah 1 orang dan 30 peserta didik kelas XI MIA 1. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kevalidan e-book yang telah divalidasi diperoleh hasil kevalidan sebesar 3,71 dan 3,49 yang berada pada kategori sangat valid (ahli media maupun ahli materi), (2) Kepraktisan e-book dari presepsi pengguna masing-masing menunjukkan persentase 91,09% guru dan 90,97% siswa merespon positif (sangat praktis). Hasil kepraktisan melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dalam model discovery learning menunjukkan rata- rata persentase yakni 97,07%, dengan kategori sangat tinggi, (3) Keefektifan e-book ditentukan dengan uji empiris berdasarkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil memenuhi kriteria efektif (≥ 80%) berdasarkan KKM 75 mencapai ketuntasan kelas dengan persentase 87,88%. E-book flip PDF yang dikembangkan dengan model ADDIE telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 19 Jun 2023 22:46
Last Modified: 20 Jun 2023 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30476

Actions (login required)

View Item View Item