Pengembangan Desain Strategi Pembelajaran EMBE-R (DSP EMBE-R) untuk Mencegah Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia

Jusniar, Jusniar and Effendy, Effendy and Endang, Budiasih and SUTRISNO, SUTRISNO (2015) Pengembangan Desain Strategi Pembelajaran EMBE-R (DSP EMBE-R) untuk Mencegah Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Sainsmat, 8 (1). pp. 8-28. ISSN 2086-6755

[img] Text (Jurnal Sainsmat,)
2. Sains-mat 8 no 1.pdf - Published Version

Download (961kB)
[img] Text (peer review)
DSP-EMBER Jusniar.pdf - Supplemental Material

Download (797kB)
[img] Text (turnitin)
2. Sains-mat 8 no 1 (1).pdf.pdf - Supplemental Material

Download (929kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Abstract

Penelitian pengembangan DSP EMBE-R (Desain Strategi Pembelajaran EMBER (Engage, Modification, Building concept, Evaluation-Reflecion) bertujuan menghasilkan produk yang valid dan praktis untuk mencegah terjadinya miskonsepsi siswa pada materi Kesetimbangan kimia. Tahap-tahap pengembangan DSP EMBE-R dan perangkatnya menganut model Plomp dengan tiga tahap yaitu: 1) Tahap penelitian pendahuluan, 2) Tahap pembuatan prototipe (pengembangan) DSP EMBE-R dan perangkatnya, dan 3) Tahap asesmen. Hasil penelitian pendahuluan di SMAN 2 Gowa Sulawesi Selatan Indonesia menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi pada konsep prasyarat maupun Kesetimbangan Kimia. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah: 1) Buku DSP EMBE-R, 2) Silabus dan RPP, 3) Buku panduan pembelajaran (BPP), 4) Buku Kerja Siswa (BKS), 5) instrumen asesmen tes dan non tes. Hasil uji kevalidan oleh ahli dan praktisi menunjukkan bahwa Buku DSP EMBE-R, Silabus, RPP, BPP, BKS, instrumen tes dan Instrumen non-tes semuanya menunjukkan tingkat validitas sangat tinggi. Produk yang dihasilkan juga memiliki konsistensi sangat tinggi antar validator. Hasil uji keterbacaan perangkat oleh pengguna yaitu 6 orang guru kimia dan 10 siswa menunjukkan bahwa DSP EMBE-R dan perangkatnya memiliki keterbacaan tinggi. Hasil uji kepraktisan DSP EMBE-R diperoleh bahwa tahap DSP EMBE-R terlaksana secara keseluruhan dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran kategori tinggi. Respon 35 orang siswa dan 3 orang guru kimia terhadap penerapan DSP EMBE-R dan perangkatnya masing-masing sangat baik dengan persentase respon positif rata-rata berturut-turut 94,6 dan 100%. Dengan demikian, DSP EMBE-R dan perangkatnya dapat dikatakan telahvalid dan praktis untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Jusniar Jusniar
Date Deposited: 19 Jun 2023 22:35
Last Modified: 21 Jun 2023 10:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30474

Actions (login required)

View Item View Item