PROFIL BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER- VERBALIZER

Andi Hastika Zulqifli, - and Alimuddin Tampa, - and Ilhamuddin, - PROFIL BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER- VERBALIZER. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya (IJMA) Volume 2, No. 2, 2022, hal. 36 - 50, ISSN 2745-8334 (Print) ISSN 2745-8326 (Online).

[img] Text
1.c)6)- 1.Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Tinjau Dari Gaya Kognitif V-V.PDF

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir tingkat tinggi siswa SMP dalam pemecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer – verbalizer. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. prosedur penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan tahap analisis hasil penelitian. Penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 di SMP Negeri 2 Larompong Sebanyak 4 orang siswa yang memeiliki gaya kognitif visualizer dan verbalizer yang masing – masing terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer. Penelitian ini mengacu pada indikator berpikir tingkat tinggi yang terdiri tiga tahap yaitu: menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya kognitif visualizer verbalizer, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan profil berpikir tingkat tinggi siswa dalam pemecahn masalah berdasarkan indikator berpikir tingkat tinggi oleh ke 4 subjek. Jika dilihat dari proses menyelesaikan masalah matematika subjek V1 mampu menyelesaikan soal visualizer dengan tahap menganalisis dan mengevaluasi dibanding dengan soal verbalizer, V1 tidak mampu memenuhi indikator berpikir tingkat tinggi dan V1 tidak mampu memenuhi indikator ketiga yaitu mencipta. Subjek V2 tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah baik soal visualizer maupun soal verbalizer baik tahap menganalisis maupun mengevaluasi. Subjek V3 mampu menyelesaikan pemecahan masalah matematika dengan tahap menganalisis, mengevaluasi, tapi tidak mampu menyelesaikan tahap mencipta. Subjek V4 tidak mampu menyelesaikan pemecahan masalah baik soal visualizer maupun soal verbalizer. Kata Kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Jun 2023 13:47
Last Modified: 19 Jun 2023 13:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30437

Actions (login required)

View Item View Item