Deskripsi Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan TIMSS-Based Test Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa SMP

Alimuddin Tampa, - and Ilham, - and Jubaedah, - Deskripsi Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan TIMSS-Based Test Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa SMP. Issues in Mathematics Education (hal. 18 – 29) Vol. 4. No. 1, Maret 2020.

[img] Text
1.c)5)c- 14.Deskripsi Jenis Kesalahan dalam Menyelesaikan TIMSS-Based Test Ditinjau dari Kemampuan Awal pada Siswa SMP.PDF

Download (783kB)
Official URL: http://www.ojs.unm.ac.id/imed

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa berkemampuan awal matematika tinggi dan kemampuan awal matematika rendah dalam menyelesaikan soal geometri berbasis TIMSS untuk domain kognitif mengaplikasikan (applying) dan penalaran (reasoning). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 2 orang dengan 1 orang berkemampuan awal matematika tinggi dan 1 orang berkemampuan awal matematika rendah dari siswa kelas VIII SMP. Instrumen penelitian menggunakan terdiri atas tes matematika berbasis TIMSS yang dikhususkan pada konten geometri domain kognitif aplikasi dan penalaran serta pedoman wawancara. Kesalaan yang dianalisis dikategorikan menggunakan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk kategori soal mengaplikasikan (applying), siswa kemmpuan awal matematika tinggi tidak mengalami kesalahan, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah mengalami jenis kesalahan transformation, process skills, dan encoding. (2) Untuk kategori soal penalaran (reasoning), siswa berkemampuan awal tinggi mengalami kesalahan tipe transformation, process skills, dan encoding sedangkan siswa berkemampuan awal rendah mengalami kesalahan tipe comprehension, transformation, process skills, dan encoding. Kata kunci : Kesalahan, Soal Matematika TIMSS, Domain Kognitif applying dan reasoning konten geometri, Kemampuan Awal, Kriteria Newman.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Jun 2023 13:41
Last Modified: 19 Jun 2023 13:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30435

Actions (login required)

View Item View Item