Usman Mulbar, - and Alimuddin Tampa, - and St. Mukarramah, - Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Issues in Mathematics Education (hal. 91 – 99) Vol. 5. No. 2, September 2021.
Text
1.c)5)c- 12.Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.pdf Download (252kB) |
Abstract
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI pada salah satu SMA yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemecahan masalah yang didukung oleh data hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, siswa berkemampuan matematika tinggi dan rendah memiliki kesadaran tentang fakta yang dimilikinya dan menyadari bagaimana menggunakan suatu strategi, namun hanya siswa berkemampuan tinggi yang memiliki kesadaran kapan dan mengapa suatu strategi seharusnya diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa berkemampuan akademik tinggi melibatkan tiga aspek pengetahuan metakognitif yakni pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional dengan baik sedangkan, siswa berkemampuan akademik rendah hanya mampu melibatkan dua aspek pengetahuan metakognitif yakni pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Kata Kunci: Metakognisi, Pengetahuan Metakognitif, Menyelesaikan Masalah Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 13:36 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 13:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30433 |
Actions (login required)
View Item |