Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Usman Mulbar, - and Alimuddin Tampa, - and St. Mukarramah, - Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Issues in Mathematics Education (hal. 91 – 99) Vol. 5. No. 2, September 2021.

[img] Text
1.c)5)c- 12.Metakognisi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.pdf

Download (252kB)
Official URL: http://www.ojs.unm.ac.id/imed

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa SMA dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Subjek penelitian merupakan siswa kelas XI pada salah satu SMA yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemecahan masalah yang didukung oleh data hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, siswa berkemampuan matematika tinggi dan rendah memiliki kesadaran tentang fakta yang dimilikinya dan menyadari bagaimana menggunakan suatu strategi, namun hanya siswa berkemampuan tinggi yang memiliki kesadaran kapan dan mengapa suatu strategi seharusnya diterapkan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa berkemampuan akademik tinggi melibatkan tiga aspek pengetahuan metakognitif yakni pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional dengan baik sedangkan, siswa berkemampuan akademik rendah hanya mampu melibatkan dua aspek pengetahuan metakognitif yakni pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Kata Kunci: Metakognisi, Pengetahuan Metakognitif, Menyelesaikan Masalah Matematika

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Jun 2023 13:36
Last Modified: 19 Jun 2023 13:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30433

Actions (login required)

View Item View Item