Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis Cisco Packet Tracer Di Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar

Hendra, Jaya (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Jaringan Komputer Berbasis Cisco Packet Tracer Di Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. UNM Journal of Technology and Vocational, 6 (2). pp. 181-191. ISSN 2356-3958

[img] Text (ARTIKEL_UJTV_Pengembangan Modul Pembelajaran)
34794-86192-4-PB (1).pdf - Published Version

Download (686kB)
[img] Text (TURNITIN_UJTV_Pengembangan Modul Pembelajaran)
19. TURNITIN_UJTV_Pengembangan Modul Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (744kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/UJTV/article/view/34794/pdf

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk Mengembangkan modul pembelajaran mata kuliah jaringan komputer berbasis Cisco Packet Tracer di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (2) Untuk menghasilkan modul pembelajaran yang valid pada mata kuliah jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika Dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (3) Untuk menghasilkan modul pembelajaran yang praktis pada mata kuliah jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. (4) Untuk menghasilkan modul pembelajaran yang Efektif pada mata kuliah jaringan Komputer di Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan suatu produk. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil yang diperoleh adalah pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Jaringan komputer. Instrumen Penelitian menggunakan lembar penilaian menurut 2 Dosen Ahli dan 30 Respon Mahasiswa. Hasil validitas materi modul 89% kategori “sangat valid”, validitas desain modul 90% kategori “sangat valid”, Praktikalitas modul oleh validator 90% kategori “sangat praktis”, respon Mahasiswa 84% kategori “sangat valid”, Praktikalitas modul oleh mahasiswa 84% kategori “sangat praktis” dan Efetivitas modul 68% kategori “efektif”.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Dr. Hendra Jaya
Date Deposited: 19 Jun 2023 11:55
Last Modified: 20 Jun 2023 23:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item