MUSPIDAWATI (2023) PENERAPAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN MINASA UPA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL 1.docx Download (24kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN.doc Download (928kB) |
|
Text
3. BAB I.doc Download (102kB) |
|
Text
3. BAB II.doc Download (111kB) |
|
Text
3. BAB III.doc Download (138kB) |
|
Text
4. LAMPIRAN.docx Download (52MB) |
Abstract
Muspidawati, 2017. Penerapan Metode Learning Start With A Question (LSQ) untuk Meningkatkan Hasil Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Dra. St. Nursiah B, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Learning Start With A Question (LSQ) untuk meningkatkan hasil keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Learning Start With A Question (LSQ) untuk meningkatkan hasil keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan II siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan metode Learning Start With A Question (LSQ) dan hasil keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V. Setting penelitian bertempat di SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan dan 13 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Learning Start With A Question (LSQ) meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil keterampilan berbicara. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil keterampilan berbicara dapat dilihat dari skor hasil keterampilan berbicara siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Learning Start With A Question (LSQ) dapat meningkatkan hasil keterampilan berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 07:02 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30343 |
Actions (login required)
View Item |