STRATEGI PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TEHADAP BIDANG STUDI PKn DI SMK NEGERI 9 MAKASSAR

Muliyana, Muliyana (2016) STRATEGI PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TEHADAP BIDANG STUDI PKn DI SMK NEGERI 9 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL okkkkk.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Bidang Studi PKN Di SMK Negeri 9 Makassar ditinjau dari: (1) penyebab menurunnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PKN disebabkan oleh ; (a) kebiasaan siswa yang buruk seperti nakal, pemalas dan memiliki tingkat perhatian yang rendah terhadap mata pelajaran, (b) strategi belajar atau metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru tidak sesuai dengan keinginan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa akan merasa bosan, (c) keterbatasan akan alat peraga dalam proses belajar mengajar, sehingga terkadang akan membuat siswa kurang fokus dalam memperhatikan pelajaran. (2) strategi guru dalam mengembangkan minat belajar siswa terhadap pelajaran PKN; (a) guru melakukan kegiatan pembuka sebelum masuk materi pembelajaran seperti berdoa dan memberikan motivasi kepada siswa (b) guru menerapkan model belajar yang mengikut sertakan siswa untuk aktif dalam proses belajar seperti menjawab pertanyaan guru dan teman serta memberikan pertanyaan kepada guru dan teman sehingga suasana belajar lebih hidup, (c) guru melakukan pendekatan khusus kepada siswa yang memiliki minat rendah atau kurang bersemangat dalam belajar, (d) seluruh guru matapelajaran bekerja sama untuk meningkatkan minatbelajarsiswa (3) faktor pendorong dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran PKN; (a) faktor dari lingkungan sekolah ( kelengkapan akan fasilitas dalam belajar mengajar, ketersediaan guru pengajar yang profesional, penerapan kurikulum yang tepat dan kebijakan dari kepala sekolah dengan membuat aturan yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, (b) faktor lingkungan masyarakat (perhatian orang tua terhadap pendidikan anak, kegiatan club belajar atau kursus) (c) pemerintah (adanya bantuan seperti bantuan kurang mampu dan beasiswa berprestasi untuk siswa yang unggul. (4) faktor penghambat yaitu meliputi; (a) hobby siswa yang buruk seperti hobby main game, kebanyakan nonton, bermain sama teman sehingga akan mengurangi perhatian siswa terhadap pelajaran, (b) Kurangnya pengawasan dari keluarga (c) serta kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua siswa yang belum berjalan dengan baik. Kata Kunci :Strategi Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Bidang Studi PKN

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:57
Last Modified: 10 Oct 2017 02:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item