Bahariah, Bahariah (2015) Upaya meningkatkan keterampilan proses sains Melalui Metode penemuan terbimbing pada peserta didik kelas VIIIB SMP Angkasa Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII B SMP Angkasa Maros. Data yang diperoleh berupa adalah keterlaksanaan pembelajaran metode penemuan terbimbing, dan keterampilan proses sains serta hasil belajar peserta didik Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik Kelas VIII B SMP Angkasa Maros?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik Kelas VIII B SMP Angkasa Maros Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta didik sebesar 55,52 pada siklus I dan meningkat menjadi 71,15 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 58,62 % dan pada siklus II sebesar 86,21 %. Simpulan penelitian ini adalah metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII B SMP Angkasa Maros.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 02:54 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 02:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3031 |
Actions (login required)
View Item |