Upaya meningkatkan keterampilan proses sains Melalui Metode penemuan terbimbing pada peserta didik kelas VIIIB SMP Angkasa Maros

Bahariah, Bahariah (2015) Upaya meningkatkan keterampilan proses sains Melalui Metode penemuan terbimbing pada peserta didik kelas VIIIB SMP Angkasa Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII B SMP Angkasa Maros. Data yang diperoleh berupa adalah keterlaksanaan pembelajaran metode penemuan terbimbing, dan keterampilan proses sains serta hasil belajar peserta didik Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik Kelas VIII B SMP Angkasa Maros?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana menerapkan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik Kelas VIII B SMP Angkasa Maros Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta didik sebesar 55,52 pada siklus I dan meningkat menjadi 71,15 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 58,62 % dan pada siklus II sebesar 86,21 %. Simpulan penelitian ini adalah metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII B SMP Angkasa Maros.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:54
Last Modified: 10 Oct 2017 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3031

Actions (login required)

View Item View Item