PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT ( TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDRIANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT ( TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (875kB)
[img] Text
ISI.docx

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

Andriana.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Bapak Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd dan Bapak Dr. Latang, M.PdProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Rappocini Kecamataman Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah pertama adalah bagaimanakah gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar, yang kedua adalah bagaimanakah gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) di SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan yang terakhir adalah adakah pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar, yang kedua untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament(TGT) di SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan yang ketiga untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 190 siswa-siswi SDI Rappocini Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 29 orang .Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Uji Prasyarat Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament berada pada kategori baik.Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPSsiswa kelas V dengan menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament(TGT).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:44
Last Modified: 19 Jun 2023 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30305

Actions (login required)

View Item View Item