Irmawati (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK KELAS V SD INPRES UNGGULAN TODDOPULI KELURAHAN PAROPO KECAMATAN PANAKUKANG KOTA MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (22kB) |
|
Text
SAMPUL 2.docx Download (547kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (48kB) |
|
Text
Lampiran 1 RPP.docx Download (1MB) |
|
Text
SILABUS PEMBELAJARAN benar.docx Download (66kB) |
Abstract
Irmawati, 2017. Penerapan media pembelajaran tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik kelas V SD Inpres Unggulan Toddopuli Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik kelas V SD Inpres Unggulan Toddopuli Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan media pembelajaran tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik kelas V SD Inpres Unggalan Toddopuli Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik kelas V SD Inpres Unggulan Toddopuli Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriftif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus II yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan media pembelajaran tutorial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik kelas V. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Unggulan Toddopuli Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dilihat dari setiap siklus. Siklus I aktivitas guru dan siswa masing-masing terketegori cukup kemudian. Kemudian pada siklus II aktivitas guru dan siswa meningkat dengan kategori baik kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik dari siklus I masuk ketegori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Musik di kelas V SD Inpres Unggulan Toddopuli Kelurahan Paropo Kecamatan Panakkukang Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 03:15 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 03:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30300 |
Actions (login required)
View Item |