NURAENI LIRA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADASISWA KELAS IV SDN 127 INPRES MONCONGLOEKECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.
Text
1. SAMPUL 1.docx Download (27kB) |
|
Text
4. MOTTO DAN KUPERUNTUKKAN.doc Download (27kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (28kB) |
|
Text
5. abstrak.doc Download (31kB) |
|
Text
6. P R A K A T A.doc Download (34kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.doc Download (44kB) |
|
Text
8. DAFTAR BAGAN.doc Download (27kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL.doc Download (28kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.doc Download (32kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (51kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (109kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (95kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 2 lembar.doc Download (31kB) |
|
Text
LAMPIRAN.doc Download (24kB) |
|
Text
19. Lembar observasi aktivitas guru pertemuan 1.doc Download (59kB) |
|
Text
22. Lembar observasi siswa 2.doc Download (58kB) |
|
Text
23. Dokumentasi.doc Download (13MB) |
|
Text
24. Riwayat Hidup.doc Download (77kB) |
Abstract
Fricillia Adelia, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V.A SD Negeri Pannyikkokang 1 Kota Makassar. Dibimbing Oleh Dr. Andi Makkasau,.M.Si Pembimbing I dan Dr. Hj.Rohana,.M.Pd Pembimbing II. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang di sebabkan oleh dua faktor yaitu faktor guru dan siswa. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa? Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan 2) hasil belajar. Setting penelitian di kelas V.A SD Negeri Pannyikkokang 1 Kota Makassar dengan subjek peneliti 1 orang guru dan 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan proses berhasil jika semua langkah pembelajaran Group Investigation (GI) terlaksana dengan baik dan hasil belajar siswa telah mencapai kualifikasi baik (B). Hasil penelitian siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan kualifikasi cukup (C), pada siklus II mengalami peningkatan dengan kualifikasi baik (B) dan telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran IPS dan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30280 |
Actions (login required)
View Item |