Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Terapan Berbasis Proyek dengan Sistem Hybrid

Amin, Fatimah Hidayahni and Jefri, Riny and Luhriyani, Seni (2022) Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Terapan Berbasis Proyek dengan Sistem Hybrid. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada Henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat”. pp. 2357-2369.

[img] Text
Artikel Riny Metode Pembelajaran Bahasa.pdf

Download (235kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/40...

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism dan persepsi mahasiswa terhadap penerapan metode pembelajaran tersebut. Subjek penelitian adalah mahasiswa-mahasiswa Angkatan 2020/2021 pada Prodi Bahasa Inggris D-IV yang dipilih secara purposif. Pengambilan data hasil observasi dan pertanyaan wawancara dan analisis melalui proses klasifikasi, interpretasi, dan kesimpulan dilakukan untuk penerapan metode pembelajaran. Sedangkan data persepsi mahasiswa dianalisis melalui angket Skala Likert. Temuan pertama menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism berjalan dengan baik dan lancar. Sembilan aspek yang menjadi indikator penerapan adalah (1) pelaksanaan pembelajaran berjalan baik, (2) kendala pembelajaran pada jaringan Internet dan organisasi kelas, (3) kemudahan akses, (4) pemanfaatan fitur-fitur Syamok yang mendukung, (5) pertemuan kelas yang alternatif, (6) interaksi kelas yang memilih antara kelompok dan individu, (7) penugasan yang mendukung pemahaman, (8) kegiatan pembelajaran yang terarah, dan (9) penjelasan materi yang mudah dipahami. Temuan kedua menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa adalah Sangat Positif dengan nilai rata-rata 43.05. Hasil ini didukung oleh respon mahasiswa yang mengalami kemudahan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, situasi pembelajaran yang menyenangkan, penugasan yang dapat mengarahkan ke peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan sikap, dan pilihan pembelajaran pada dua situasi daring dan luring. Sehingga penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dengan sistem hybrid pada pembelajaran English for Tourism masih membutuhkan organisasi kelas yang lebih baik.

Item Type: Article
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: RINY JEFRI
Date Deposited: 18 Jun 2023 13:33
Last Modified: 18 Jun 2023 13:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30268

Actions (login required)

View Item View Item