Surya, - and Muhammad Yusri Bachitar, - and Herlina, .Hj (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF PUZZLE DARI DAUR ULANG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK CITRA KOTA MAKASSAR. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, 1 (1). pp. 38-47. ISSN ISSN: 2808-358X dan e-ISSN: 2809-0632
Text
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Edukatif Puzzle Dari Daur Ulang Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar.pdf Download (346kB) |
Abstract
Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan treatment melalui kegiatan puzzle dari daur ulang kelompok B pada usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Citra Kecamatan Tallo Kota Makassar dan ada atau tidak pengaruh kegiatan bermain Puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Citra. Pendekatan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental yang meliputi tahap pre-test, treatment dan post-test, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun populasi berjumlah 36 anak didik dan sample yang digunakan yaitu random sampling dengan 12 orang anak dan 3 tenaga pendidik desain penelitian yaitu one grou pre test post-test desain. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic parametric (Paired Sample t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perkembangan kognitif anak pada post-test dan pre-test berbeda. Hasil pengujian paired menunjukkan bahwa ada pengaruh kegiatan bermain puzzle daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar kelompok B.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 18 Jun 2023 11:47 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 09:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30257 |
Actions (login required)
View Item |