Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak

Citra Purnamasari, - and Azizah Amal, - and Herlina, .Hj (2021) Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4 (1). ISSN 2527-4325 E-ISSN. 2580-7412

[img] Text
Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Di Taman Kanak-kanak.pdf

Download (275kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Busy Book Terhadap Kemampuan membaca awal anak yang diberi perlakuan dengan Busy Book media pembelajaran yang interaktif yang terbuat dari kain (tertutama kain flanel) dengan warna-warna yang cerah, berisi aktivitas permainan sederhana yang mampu merangsang kemampuan membaca awal anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre eksperimen dengan design one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 orang, dan sampel sebanyak 10 anak dengan penilaian sampel dengan cara purposive sampling, Adapun nilai Thitung yang di peroleh yaitu 29 dan Ttabel yaitu 1,645 maka diperoleh Thitung 29 > Ttabel 1,645 = H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh media busy book terhadap kemampuan membaca awal anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak yang menerima perlakuan berupa penggunaan media busy book. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan media busy book terhadap kemampuan membaca awal anak di Taman Kanak kanak Bahana Kabupaten Pangkajene, Sulawesi Selatan. Kata kunci: Busy book, kemampuan membaca.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Jun 2023 11:40
Last Modified: 19 Jun 2023 09:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item