Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar

Herlina, .Hj and Azizah Amal, - (2021) Pengaruh Keterampilan Origami dalam Menigkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Pada TK Sulawesi Kota Makassar. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2021 “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”. pp. 1217-1225. ISSN 978 623 387 014 6

[img] Text
Pengaruh Keterampilan Origami dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik pp.us Anak Usia 5-6 Tahun Pada Tk Sulawesi Selatan.pdf

Download (584kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak di Taman Kanak-Kanak Sulawesi Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Quasi One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B usia 5-6 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic non- parametrik. Berdasarkan hasil penelitian ini data disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan motorik halus anak sebelum diberikan perlakuan berupa kegiatan origami, dan setelah diberikan perlakuan melalui kegiatan origami mengalami peningkatan yang signifikan untuk perkembangan kemampuan motorik halus anak hal tersebut dibuktikan dari hasil uji Wilcoxon diperoleh sig (2- tailed) 0,01 < 0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima ini menyatakan bahwa kegiatan origami memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Origami, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Jun 2023 11:36
Last Modified: 19 Jun 2023 09:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30254

Actions (login required)

View Item View Item