Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK

Muhammad Yusri Bachtiar, - and Herlina, .Hj and Sitti Nurhidayah Ilyas, - (2022) Model Bermain Konstruktif untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini I, 6 (4). pp. 2802-2812. ISSN 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

[img] Text
Model Bermain Konstruktif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK.pdf

Download (306kB)
Official URL: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013

Abstract

Abstrak Kecerdasan interpersonal anak belum banyak dikembangkan secara terstruktur dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan kegiatan bermain konstruktif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak TK di Kabupaten Gowa. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi eksperimen semu. Desain peneilitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada peneltian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah populasi 40 anak dan junlah sampel 20 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t untuk membandingkan dua kelompok eksperimen dan kontrol. Data yang diuji menggunakan skor kecerdasan interpersonal. Hasil perhitungan uji t diperoleh t(hitung) =2,178 dengan harga t(tabel)=1,734 dan dk= 18 dengan taraf signifikan α= 0.05 sehingga ditemukan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak yang bermain konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Kecerdasan ini dapat dikembangkan dalam pembelajaran Anak di Taman Kanak-kanak. Kata Kunci: kecerdasan interpersonal; bermain kon

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Jun 2023 11:06
Last Modified: 19 Jun 2023 09:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30250

Actions (login required)

View Item View Item