PENGARUH SIKAP ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI se-KABUPATEN POLMAN

Rasmiati, Rasmiati (2016) PENGARUH SIKAP ILMIAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI se-KABUPATEN POLMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL Rasmi.docx

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian “expost-facto” yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh:i).sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika; ii) kemandirian belajar terhadap hasil belajar fisika; iii)sikap ilmiah terhadap motivasi berprestasi;iv)kemandirian belajar terhadap motivasi berprestasi;v) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman dengan jumlah 1004 orang. Adapun sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 286 orang.Proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket. Angket yang digunakan terdiri dari angket sikap ilmiah, angket kemandirian belajar,angket motivasi berprestasi dan angket hasil belajar..Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Analysis of Moment Structures (AMOS).Prosedur analisis yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial, analisis faktor dan verifikasi model struktural AMOS. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: i) sikap ilmiah secara signifikan tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman; ii) kemandirian belajar secara signifikan pengaruhnya terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman; iii) sikap ilmiah tidak memiliki pengaruh terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman; iv) kemandirian belajar memiliki pengaruh yang signifikan pengaruhnya terhadap motivasi berprestasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman; v) motivasi berprestasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri se-Kabupaten Polman Kata kunci: Ex Post Facto, Sikap Ilmiah, Kemandirian Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:56
Last Modified: 10 Oct 2017 01:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3025

Actions (login required)

View Item View Item