Herlina, .Hj and Nursakina, - and Herman, - and Sitti Nurhidayah Ilyas, - (2022) Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha pp., 10 (3). pp. 506-512. ISSN 2613-9669 E-ISSN: 2613-9650
Text (Artikel)
Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan EcoPrint Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.pdf Download (250kB) |
|
Text (Turnitin)
Turnitin Metode Percobaan Sains Sederhana dengan Kegiatan Ecoprint.pdf Download (291kB) |
Abstract
A B S T R A K Kreativitas sangat penting bagi kehidupan anak, namun masih ditemukan bahwa 8 dari 12 anak belum berkembang dalam kemampuan kreativitas. Hal ini dapat dilihat dari anak yang masih terpaku dengan yang dilakukan guru dan temannya, anak belum mampu mengenal tekstur, anak belum mampu membuat berbagai macam bentuk. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint terhadap kreatifitas anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Design tipe Nonequivalent Control Grub. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak, 6 anak sebagai kelompok eksperimen dan 6 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic nonparametrik. Hasil analisis data yaitu terdapat pengaruh metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Disimpulkan bahwa metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kreativitas anak. Implikasi penelitian ini yaitu penerapan metode percobaan sains sederhana dengan kegiatan ecoprint dapat mengembangkan kreativitas anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 18 Jun 2023 11:02 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 13:22 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30249 |
Actions (login required)
View Item |