Kompetensi Sosial Guru TK/Paud dalam Pembelajaran dan Dampaknya pada Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini

Syamsul Bachri, Thalib and Herlina, .Hj and Tarmizi, - (2022) Kompetensi Sosial Guru TK/Paud dalam Pembelajaran dan Dampaknya pada Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini. SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2022 “Membangun Negeri dengan Inovasi tiada Henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” LP2M-Universitas Negeri Makassar. pp. 45-55.

[img] Text
Kompetensi Sosial Guru TKPAUD dalam Pembelajaran dan Dampaknya Pada Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini.pdf

Download (323kB)

Abstract

Abstrak. Pengaplikasian kompetensi sosial guru di TK/PAUD masih jarang dibahas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaplikasian kompetensi sosial guru TK/PAUD dalam pembelajaran serta dampaknya pada perkembangan kepribadian anak. Desain penelitian yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan subjek guru TK/PAUD sebanyak 124 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala kompetensi sosial dan instrumen dampak kompetensi sosial siswa yang dianalisis dengan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaplikasian kompetensi sosial guru tergolong baik. Adapun dampak pada perkembangan kepribadian anak seperti perkembangan kepribadian siswa, di antaranya perubahan pada penyesuaian diri siswa, hadirnya karakter baik, minat sosial, percaya diri, simpati & empati, lebih komunikatif, mandiri & kreatif, mampu bekerja sama, menunjang pembelajaran, memahami konsep dirinya sendiri dan lain-lainnya. Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Pembelajaran, Perkembangan Kepribadian

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Jun 2023 10:57
Last Modified: 19 Jun 2023 09:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30248

Actions (login required)

View Item View Item