PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN BONE

JUNAID, MUH. RUSLI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN BONE. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (i) perbedaan hasil belajar matematika yang diajar antara model kooperatif tipe TGT dengan tipe AIR, (ii) perbedaan hasil belajar matematika bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan linguistik, (iii) perbedaan hasil belajar antara model kooperatif tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis (iv) perbedaan hasil belajar antara model kooperatif tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik dengan tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik, (v) perbedaan hasil belajar antara model kooperatif tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik, (vi) perbedaan hasil belajar antara model kooperatif tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik pada siswa kelas VIII SMP Negeri di kabupaten Bone Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bone Tahun Pelajaran 2015/2016.Dari populasi tersebut dipilih 2 kelas dengan menggunakan metode simple random sampling untuk dijadikan sampel.Instrumen penelitian yang digunakan setelah divalidasi meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa. Data dalam penelitian menggunakan tes dan lembar observasi, lalu dianalisis dengan metode cara deskriptif dan metode cara ANAVA 2 faktor. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (i) tidak ada perbedaan antara model pembelajaran TGT dengan AIR terhadap hasil belajar matematika, (ii) ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan kecerdasan linguistik, (iii) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis, (iv) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik dengan tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik, (v) ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan tipe TGT bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik, (vi) tidak ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan logis dengan tipe AIR bagi siswa yang memiliki kecerdasan linguistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 10 Oct 2017 01:35
Last Modified: 10 Oct 2017 01:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item