Upaya Peningkatan Layanan Pembelajaran Dengan Menggunakan E-Learning

Riska, Muhammad and Suhardi, Iwan (2019) Upaya Peningkatan Layanan Pembelajaran Dengan Menggunakan E-Learning. In: SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK, Makassar, Indonesia.

[img] Text (Artikel Prosiding)
104-61-3-PB.pdf

Download (120kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Prosiding)
Prosiding Nasional - Upaya Peningkatan Layanan Pembelajaran dengan Menggunakan E-learning.pdf

Download (914kB)
Official URL: http://ocs.unm.ac.id/ft/semnasft2019/paper/viewFil...

Abstract

Tujuan utama dari kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini agar guru mampu memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung penyampaian materi ajar sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi mudah, tujuan pembelajaran tercapai, interaktif, menarik, dan menyenangkan. Memperkenalkan e-learning agar guru dapat menambah konten e- learning sekolah untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pebelajaran, khusunya dengan model online. Karena di SMKN4 Jeneponto pengetahuan guru dalam memanfaatkan internet sebagai media pembelajaran yang mampu diberdayakan, pendistribuasian materi ajar yang tidak sitematis, masih banyaknya guru yang belum mengetahuan membuat dan mengolah e-learning khususnya kelase, serta belum bisanya materi ajar di akses secara online dan dimana saja. Metode pembelajaran online merupakan salah satu solusi untuk diterapkan di SMKN 4 Jeneponto sebagai mitra untuk mendampingi metode pembelajaran konvensional. Platform e-learning yang digunakan adalah kelase yang merupakan produk buatan anak muda Indonesia. Luaran yang diharapkan. 10 orang guru mampu memahami pemanfaatan internet sebagai salah satu sumber belajar dan sebagai sarana belajar khususnya menggunakan e-learning dengan menggunakan kelase. mampu membuat dan mengelolah e-leraning kelase, dan memiliki kelas online di e-learning kelase untuk setiap mata pelajaran yang di ampuh. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini observasi, membagikan modul kelase, workshop untuk membuat kelas online di kelase. Hasil dari PKM ini adalah sepuluh guru telah memahami bagaimana cara membuat kelas online di kelase serta mampu untuk mengolah kelas online yang telah dibuat. Guru mampu membuat kelas dan sesi pertemuan, juga memasukkan materi dan tugas online.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 18 Jun 2023 08:28
Last Modified: 18 Jun 2023 08:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item