Pengembangan Computer Based Testing Berbasis Web dengan Tampilan Soal Teks, Gambar, dan Suara dalam Upaya Peningkatan Kualitas Penilaian Mapel Bahasa Indonesia Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas

Suhardi, Iwan (2019) Pengembangan Computer Based Testing Berbasis Web dengan Tampilan Soal Teks, Gambar, dan Suara dalam Upaya Peningkatan Kualitas Penilaian Mapel Bahasa Indonesia Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. In: Prosiding Seminar Nasional Fakultas Teknik UNM, 31 Agustus 2019, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text (Artikel Prosiding)
115-72-1-PB.pdf

Download (727kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Prosiding)
Prosiding Nasional - Pengembangan Computer Based Testing berbasis Web dengan Tampilan Soal Teks, Gam.pdf

Download (949kB)
Official URL: http://ocs.unm.ac.id/ft/semnasft2019/paper/viewFil...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas penilaian mata pelajaran bahasa Indonesia di SLTA dengan membangun perangkat lunak Computerized Based Testing (CBT) berbasis web dengan tampilan butir soal berbentuk teks, gambar, dan suara agar lebih relevan dengan harapan kompetensi berbahasa. Walaupun kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia begitu utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perkembangan pelajaran bahasa Indonesia dalam ranah pendidikan belum banyak tersentuh oleh kemajuan teknologi pembelajaran. Dalam hal pengembangan media, sebagai mapel berbahasa, mapel bahasa Indonesia selalu kalah dibandingkan mapel bahasa Inggris. Pelajaran bahasa Indonesia pada hakikatnya adalah belajar berkomunikasi dan mempunyai kompetensi yang cukup kompleks antara lain kaidah berbahasa, membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Sementara itu, Kompetensi Dasar mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 menuntut bahwa kompetensi yang dicapai harus menyeluruh baik melalui lisan dan tulisan. Selama ini kompetensi menyimak belum dapat dilakukan secara efektif mengingat keterbatasan alat dan kemampuan guru. Penggunaan teknologi komputer memungkinkan proses penilaian yang tidak dapat dilakukan dengan model kertas dan pensil (paper and pencil test). Teknologi komputer memungkinkan melakukan kombinasi multimedia berupa teks, gambar, dan suara pada proses penilaiannya. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan (R&D). Fokus riset lebih ditujukan untuk mencari hal-hal yang berkenaan dengan kekurangan penilaian mapel Bahasa Indonesia sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Metode pengembangan digunakan untuk mengembangkan paket soal dan perangkat lunak CBT. Paket soal yang dikembangkan berisi butir soal dengan tampilan yang tidak hanya berbasis teks dan gambar, namun juga berbasis suara. Pengembangan CBT dilakukan dengan dengan model pengembangan inkremental (incremental model). Model inkremental merupakan pengembangan model waterfall yang diaplikasikan secara berulang yang terdiri dari tahapan (1) analisis (analysis), (2) perancangan (design), (3) implementasi (coding), dan (4) pengujian (testing). Penelitian ini berhasil mengembangkan paket soal berbasis multimedia yang terdiri dari teks, gambar, dan suara yang selanjutnya dijadikan basis data pada CBT berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi (terbaru). Pengembangan bank soal tersebut diharapkan lebih relevan dengan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dan dapat lebih memberikan peningkatan kualitas penilaian pada aspek keterampilan kognitif dan kemampuan memecahkan masalah dibandingkan dengan tes yang hanya berbasis teks yang lebih berfokus pada aspek pengetahuan siswa. CBT yang dikembangkan telah divalidasi oleh guru bahasa Indonesia, pakar media, pakar sistem, dan pakar psikometri. Dari hasil validasi menghasilkan kesimpulan bahwa butir soal relevan dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa serta paket soal dan CBT layak digunakan. Dari pandangan guru menghasilkan penilaian yang sangat positif dan dipandang lebih sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 18 Jun 2023 08:18
Last Modified: 18 Jun 2023 08:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30234

Actions (login required)

View Item View Item