Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kinerja Guru pada Keterlaksanaan Pembelajaran Berbasis Dashboard di SMKN 3 Takalar

Nurafni, Nurafni and Muh, Yusuf Mappeasse and Suhardi, Iwan and Muhammad, Riska (2022) Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kinerja Guru pada Keterlaksanaan Pembelajaran Berbasis Dashboard di SMKN 3 Takalar. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 1 (2). pp. 7-17. ISSN 2809-7971

[img] Text (Artikel)
33748-83364-1-SM.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review Artikel)
Jurnal Nasional - Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kinerja Guru pada Keterlaksanaan Pembelaja.pdf

Download (948kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/intec/index

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan sistem, hasil pelaporan kinerja, dan hasil pengujian kualitas sistem menggunakan ISO 9126. Proses pengembangan sistem menggunakan metode Scrum Agile Deveploment yang terdiri dari empat langkah aktifitas kerja yaitu product backlog, sprint backlog, aktifitas sprint dan increment. Sistem yang dikembangkan divalidasi oleh empat orang ahli yaitu dua orang ahli sistem dan dua orang ahli konten atau materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan dari sistem memberikan kemudahan bagi pihak sekolah dalam melakukan serangkaian aktifitas pengolahan data berupa proses penilaian kinerja, pembuatan pelaporan, pengecekan dokumen, dan menghasilkan penyajian informasi pelaporan yang dapat diakses dengan cepat. Kemudian hasil pelaporan periode tahun 2020/2021 untuk kinerja guru diperoleh penilaian dengan konversi yang menunjukkan pada kategori “Amat Baik”. Sedangkan untuk hasil penilaian administrasi guru dalam setahun ajaran pada semester ganjil diperoleh persentase jumlah guru 78% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 22% dengan pencapaian kategori “Baik”. Pada semester genap diperoleh persentase jumlah guru 65% dengan pencapaian kategori “Sangat Baik” dan 35% dengan pencapaian kategori “Baik”. Hasil pengujian kualitas perangkat lunak membuktikan bahwa sistem informasi pelaporan kinerja guru pada keterlaksanaan pembelajaran telah memenuhi standar pengujian ISO 9126 dengan hasil pengujian kelayakan untuk karakteristik functionality dengan kategori pencapaian “Layak”. Pengujian kepuasan untuk karakteristik usability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik reliability dengan kategori pencapaian telah memenuhi standar pengujian Telcordia. Pengujian kualitas untuk karakteristik efficiency dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”. Pengujian kualitas untuk karakteristik maintainability dengan kategori pencapaian telah memenuhi tiga standar pengujian Land. Pengujian kualitas untuk karakteristik portability dengan kategori pencapaian “Sangat Baik”.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 18 Jun 2023 06:30
Last Modified: 18 Jun 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30218

Actions (login required)

View Item View Item