Kajian Perbandingan Hasil Nilai Pengujian Berbasis Kertas dan Berbasis Komputer Sebagai Indikator Mengukur Kesiapan Peserta Tes Menghadapi Ujian Berbasis Komputer

Abdul, Rahman and Eko, Hedriyanti and Suhardi, Iwan (2020) Kajian Perbandingan Hasil Nilai Pengujian Berbasis Kertas dan Berbasis Komputer Sebagai Indikator Mengukur Kesiapan Peserta Tes Menghadapi Ujian Berbasis Komputer. Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 3 (3). pp. 8-12. ISSN 2715-5919

[img] Text (Artikel)
15173-37640-1-SM (1).pdf

Download (817kB)
[img] Text (Peer Review Artikel)
Peer Review Jurnal Nasional-Kajian Perbandingan Hasil Nilai Pengujian Berbasis Kertas dan Berbasis K.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kesiapan peserta tes pada suatu sekolah dalam menghadapi ujian berbasis komputer. Penelitian ini dimulai dengan suatu kajian apakah ada perbedaan hasil skor penilaian peserta tes bila paket soal yang sama diujikan pada model pengujian yang tampilannya berbeda yaitu model Paper-Based Testing (PBT) dan Computer-Based Testing (CBT). Seperangkat paket soal dikembangkan untuk pembuatan model PBT dan menjadi basis data pada perangkat lunak CBT. Selanjutnya dilakukan uji statistik untuk dapat mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil skor penilaian yang diperoleh dari hasil pengujian dengan model PBT dan CBT tersebut. Dari uji statistik tersebut dapat ditentukan tingkat kesiapan peserta tes pada suatu sekolah dalam menghadapi ujian yang berbasis komputer. Jika hasil uji statistik tidak diperoleh hasil perbedaan hasil skor penilaian kelompok PBT dan CBT, maka peserta tes pada sekolah tersebut dinyatakan telah siap menghadapi ujian berbasis komputer. Jika hasil uji statistik didapatkan adanya perbedaan hasil skor penilaian, selanjutnya dilihat besarnya rata-rata hasil skor penilaiannya. Jika besarnya rata-rata hasil skor penilaian kelompok PBT lebih rendah dari hasil skor penilaian kelompok CBT, maka peserta tes pada sekolah tersebut dinyatakan telah siap menghadapi ujian berbasis komputer. Namun, jika didapatkan besarnya rata-rata hasil skor penilaian kelompok PBT lebih tinggi dari hasil skor penilaian kelompok CBT, maka peserta tes pada sekolah tersebut dinyatakan belum siap menghadapi ujian berbasis komputer.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 20 Jun 2023 14:18
Last Modified: 20 Jun 2023 14:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30213

Actions (login required)

View Item View Item