Kajian Deskriptif Perbandingan Model Pengujian Paper Based Test dan Computer Based Test (Tinjauan dari aspek psikometrik, konteks dan suasana, serta psikologi pengguna)

Suhardi, Iwan (2018) Kajian Deskriptif Perbandingan Model Pengujian Paper Based Test dan Computer Based Test (Tinjauan dari aspek psikometrik, konteks dan suasana, serta psikologi pengguna). Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan, 5 (2). pp. 61-70. ISSN 2721-7612

[img] Text (Artikel)
7437-17636-1-SM.pdf

Download (510kB)
[img] Text (Peer Review Artikel)
Peer Review Jurnal Nasional - Kajian Deskriptif Perbandingan Model Pengujian Paper Based Test dan CO.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/index

Abstract

Tulisan ini berlatarbelakang pesatnya penetrasi penggunaan model pengujian berbasis komputer menggantikan model pengujian berbasis kertas. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Indonesia saat ini menggunakan 2 (dua) macam media pengujian yaitu menggunakan media kertas dan media komputer. UN dengan menggunakan kertas dikenal istilah UNKP, yaitu Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil. UN dengan mengunakan media komputer dikenal dengan istilah UNBK, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer. Penyelenggara UN mengasumsikan bahwa suatu butir soal yang dituliskan pada media kertas mempunyai tingkat kesukaran yang sama ketika butir soal tersebut ditampilkan pada layar monitor komputer. Dengan asumsi tersebut, maka model pengujian UNBK dan UNKP dianggap sebagai model pengujian yang setara. Tulisan ini mengkaji perbandingan antara model pengujian Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT) secara deskriptif. Metode penelitian ini bersifat studi literatur. Perbandingan dilihat dari berbagai sudut pandang meliputi aspek persamaan dan perbedaannya ditinjau dari sudut pandang aspek psikometrik, konteks dan suasana, kebutuhan fasilitas, dan psikologis pengguna.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Arsad Bahri
Date Deposited: 20 Jun 2023 13:53
Last Modified: 20 Jun 2023 14:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item